Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan berarti dinding tenggorokan menebal atau bengkak, berwarna lebih merah, ada bintik-bintik putih dan terasa sakit bila menelan makanan.

Penyebab radang tenggorokan :

  • Virus, 80 % sakit tenggorokan disebabkan oleh virus, dapat menyebabkan demam .
  • Batuk dan pilek. Dimana batuk dan lendir (ingus) dapat membuat tenggorokan teriritasi.
  • Virus coxsackie (hand, foot, and mouth disease).
  • Alergi. Alergi dapat menyebabkan iritasi tenggorokan ringan yang bersifat kronis (menetap).
  • Bakteri streptokokus, dipastikan dengan Kultur tenggorok. Tes ini umumnya dilakukan di laboratorium menggunakan hasil usap tenggorok pasien. Dapat ditemukan gejala klasik dari kuman streptokokus seperti nyeri hebat saat menelan, terlihat bintik-bintik putih, muntah – muntah, bernanah pada kelenjar amandelnya, disertai pembesaran kelenjar amandel.
  • Merokok.
  • Beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk meringankan gejala radang tenggorokan Anda.

    1. Jus lemon dengan madu. Segelas jus lemon bukan hanya menyegarkan, jus kaya vitamin C ini akan memberi manafaat ganda terlebih jika dicampurkan dengan beberapa sendok madu. Konsumsi jus lemon dan madu tanpa es. Vitamin dalam keduanya akan membantu menyembuhkan penyakit tenggorokan Anda.

    2. Teh jahe atau teh madu. Segelas teh hangat yang dicampur jahe atau madu bisa menjadi obat alternatif yang juga menghangatkan tenggorokan Anda. jahe dan madu bisa berfungsi untuk melapisi tenggorokan dan dapat mencegah iritasi.

    3. Sup ayam. Semangkuk sup ayam hangat bukan hanya nikmat saat hari tengah hujan. Sup ayam ternyata berfungsi sebagai anti peradangan dan mencegah virus yang masuk ke dalam tubuh. Tambahkan beberapa jenis rempah seperti jahe dan lada. Selain itu campurkan beberapa jenis sayuran untuk menambah khasiatnya.

    4. Pisang. Teksturnya yang lembut membuat pisang sangat mudah ditelan, termasuk bagi orang yang sedang radang tenggorokan. Pisang mengandung vitamin B6, kalium dan vitamin C.

    5. Telur. Kekayaan protein dalam telur dapat membantu dalam menangani peradangan dan rasa sakit pada tenggorokan. Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsi putih telur yang direbus, atau didadar dengan sedikit minyak zaitun.

    6. Pasta gandum. Bukan hanya memiliki tekstur yang juga lembut, pasta gandum mengandung banyak gizi seperti, serat, zat besi, serta vitamin seperti, vitamin B1, B2, B3, dan vitamin E.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s